Pada bulan april ini, ketika saya memulai untuk menulis pada blog ini kembali, saya mengalami masalah yang menurut saya menarik untuk ditangani karena sebelumnya belum pernah terjadi.

Ketika saya mencoba untuk login ke halaman imanuelronaldo.com, halaman wp-admin saya tidak merespon sama sekali dan saat itu saya menggunakan firefox sebagai browser utama.

Saya mencoba untuk mengetahui akar permasalahannya, saya menggunakan browser lain untuk menampilkan pesan error yang tidak ditampilkan firefox. Ketika saya mencoba untuk menggunakan chrome, pesan error yang ditampilkan adalah HTTP 500, namun tidak menampilkan pesan error dari aplikasi wordpress itu sendiri.

Untuk menampilkan pesan error yang terjadi pada aplikasi wordpress, silahkan login ke cpanel hosting anda atau menggunakan filezilla untuk mengubah file melalui ftp. Pada kasus ini saya menggunakan cpanel yang sudah disediakan oleh penyedia layanan hosting yang saya gunakan.

Setelah anda login, silahkan menuju file manager Cpanel dan menuju direktori yang menampung berkas berkas aplikasi wordpress anda. Silahkan mencari file yang bernama “wp-config.php” seperti pada gambar berikut :

File wp-config.php pada wordpress

Setelah itu lakukan penyuntingan pada berkas tersebut untuk dapat mengaktifkan fitur debug pada wordpress

Sunting bagian debug pada file wp-config.php

Ubah pada bagian define(‘WP_DEBUG’, false) yang dari semula bernilai false, menjadi true seperti berikut :

define('WP_DEBUG', true);

Setelah itu simpan berkas berikut dan lakukan akses kembali pada halaman wp-admin anda dan akan muncul error pada aplikasi seperti pada gambar berikut :

Hasil gambar untuk wp-admin debug error
Tampilan error pada halaman wp-admin

Ada beberapa penyebab yang biasanya terjadi pada saat wp-admin hanya menampilkan halaman kosong (tidak menampilkan apa apa), hal tersebut antara lain adalah :

  • Webhost yang bermasalah
  • Error pada theme yang digunakan
  • Plugin yang error pada theme yang digunakan
  • Baris kosong pada file wp-config
  • Kehabisan memori pada alokasi memori PHP
  • Kesalahan pada database
  • Kode error pada saat debug (sudah dijelaskan diatas)

Webhost yang bermasalah

Permasalahan pada host anda, seringkali mengakibatkan halaman blank pada wp-admin. Hal ini disebabkan biasanya oleh karena anda memiliki dua website pada satu host.

Anda harus mengecheck terlebih dahulu apakah ada komplain yang sama terkait permasalahan anda yang dialami oleh orang lain, apabila belum ada dan anda ingin switch, sangat direkomendasikan menggunakan wp-engine

Error pada Theme yang digunakan

Pada kasus ini, yang menjadi permasalahan adalah pada tema yang digunakan pada wordpress milik anda. Hal ini terjadi karena ada file file yang tidak terkonfigurasi dengan benar atau rusak. Untuk menangani hal tersebut, anda dapat me-disable / menonaktifkan tema tersebut menggunakan filezilla atau akses cpanel yang telah disediakan oleh layanan penyedia hosting. Pada tulisan ini, saya menggunakan cpanel untuk mengatasi masalah ini.

Silahkan login pada cpanel anda, dan menuju direktori yang menampung berkas berkas wordpress milik anda (biasanya terdapat pada public-html). Setelah itu silahkan menuju ke folder wp-content.

Folder wp-content

Akan terdapat direktori sebagai berikut, silahkan pilih themes dan masuk ke direktori tersebut

Ubah nama folder tema yang aktif pada wordpress anda dengan menambahkan “_disable” pada akhir nama folder tema anda :


Setelah itu, silahkan mengakses kembali wp-admin dan mengganti atau memasang ulang tema yang error tersebut.

Error pada Plugin yang digunakan

Proses pada penanganan error pada plugin adalah sama seperti menangani tema yang error. Dengan mengganti nama direktori plugin yang terdapat pada wp-content > plugin > nama_direktori_plugin. Hal ini dilakukan agar menonaktifkan plugin yang error.

Baris kosong pada file wp-config.php

Hal ini terjadi apabila pada saat debug wordpress atau pesan error yang muncul pada saat mengakses wp-admin adalah terdapat baris kosong pada akhir file wp-config.php, di akhir baris ini juga seharusnya disertai tag penutup php yaitu ‘?>’.

Silahkan buka file wp-config.php anda dan hapus pada baris akhir sehingga tidak terdapat baris kosong.

Kehabisan memori pada alokasi memori PHP

Pada kasus ini, biasanya alokasi memori pada wordpress anda telah habis dimana secara default/bawaan, alokasi memori yang digunakan sebesar 256mb. Untuk menangani error ini, kita tinggal mengubah konfigurasi pada file wp-config.php.

Akses file wp-config.php menggunakan filezilla atau menggunakan cpanel yang sudah disediakan penyedia layanan hosting. Ubah file wp-config.php yang berada pada direktori yang menampung berkas berkas wordpress seperti berikut :

File wp-config.php pada wordpress

Ubah konfigurasi berikut sesuai alokasi memori yang anda butuhkan :

define( ‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘256M’ ); (Ubah pada 256M)

Kesalahan pada database wordpress

Untuk menangani error pada hal ini, silahkan membuka phpmyadmin pada cpanel yang telah disediakan penyedia layanan hosting anda. Silahkan cari nama database yang berakhiran dengan tulisan “_wp” seperti pada gambar berikut :

Database wordpress

check pada “check all” dan lakukan repair table pada gambar berikut :

Repair table pada database wordpress

Tunggu proses yang berjalan dan apabila sudah selesai, silahkan lakukan pengaksesan ulang pada wordpress milik anda.

Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menangani permasalahan blankpage pada wordpress milik anda. Apabila ada yang ingin ditanyakan, kritik ataupun saran, silahkan berkomentar dibawah dan jangan lupa untuk membagikan ilmu ini melalui sosial media yang anda miliki 🙂

Sumber tulisan :

https://www.fixrunner.com/what-to-do-when-your-wordpress-admin-panel-is-blank/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *